22 Mei 2010

Kentutmu

Kentut adalah hal yang menyehatkan !
Jangan sampai tidak kentut low ?! hoho :p


Ketika orang selesai dioperasi di Rumah Sakit, jika dia sudah kentut, maka dia sudah boleh makan dan minum sesuai kebutuhannya.

Di negeri barat, bersendawa adalah tidak sopan, sedangkan kentut dianggap lebih baik.

Penyebabnya, karena ada penambahan gas di dalam lambung. Orang yang sakit maag, biasanya memiliki gas asam lambung yang lebih banyak. Jika dia tidak bisa kentut, dia akan semakin sakit. Ya harus kentut.

Mengurangi makanan yang akan memproduksi gas asam lambung bisa dilakukan dengan mengurangi konsumsi sayuran Kubis atau Kol atau brokoli. Tapi jenis sayuran ini sesungguhnya sangat bagus bagi tubuh, dia bisa mengeluarkan racun2 di dalam tubuh, baik melalui kentut atau buang air besar.

Jika Anda tidak menyukai "kentut", ya lumrah saja seperti kebanyakan orang, karena baunya kadang-kadang busuuuuk. Tapi banyak juga kok kentut yang tidak disertai bau busuk.

Apa komposisi kentut ?
Bervariasi. Makin banyak udara anda telan, makin banyak kadar nitrogen dalam kentut (oksigen dari udara terabsorbsi oleh tubuh sebelum sampai di usus). Adanya bakteri serta reaksi kimia antara asam perut & cairan usus
menghasilkan karbondioksida. Bakteri juga menghasilkan metana & hidrogen. Proporsi masing-masing gas tergantung apa yang anda makan, berapa banyak udara tertelan, jenis bakteri dalam usus, berapa lama kita menahan kentut. Makin lama menahan kentut, makin besar proporsi nitrogen, karena gas-gas lain terabsorbsi oleh darah melalui dinding usus. Orang yang makannya tergesa-gesa kadar oksigen dalam kentut lebih banyak karena tubuhnya tidak
sempat mengabsorbsi oksigen. (Makanya jangan suka nahan kentut).

Kenapa kentut berbau busuk ?
Bau kentut karena kandungan hidrogen sulfida & merkaptan. Kedua senyawa ini mengandung sulfur (belerang). Makin banyak kandungan sulfur dalam makanan anda, makin banyak sulfida & merkaptan diproduksi oleh bakteri
dalam perut, & makin busuklah kentut anda. Telur & daging punya peran besar dalam memproduksi bau busuk kentut. Kacang-kacangan berperan dalam memproduksi volume kentut, bukan dalam kebusukannya.

Kenapa kentut menimbulkan bunyi ?
Karena adanya vibrasi lubang anus saat kentut diproduksi. Kerasnya bunyi tergantung pada kecepatan gas. (Dan diameter lubang anus yang anda punya, ha..ha….)

Kemana perginya gas kentut kalau ditahan tidak dikeluarkan ?
Bukan diabsorbsi darah, bukan hilang karena bocor..Tapi bermigrasi ke bagian atas menuju usus sampai pada gilirannya akan keluar juga. Jadi bukan lenyap, tapi hanya mengalami penundaan.

Nah,, seperti itulah seluk beluk tentang kentutmu ,, hihihhihiiii
so, enjoy aja klo kentut ,,, sehaaaaaat ,,,, :p

1 komentar: