06 Januari 2011

Waspadai Debu Dalam CPU

Coba tengok jeroan PC anda, buka penutup casingnya. Apakah masih terlihat bersih? Atau sudah banyak debu yang menempel? Terutama debu di bagian papan utama (motherboard- nya). Bila debu sudah terlihat tebal menutupi motherboard PC anda, segera lakukan tindakan preventif. Jangan sampai keadaan ini dibiarkan. Karena seringkali terjadi komponen di dalamnya hangus / terbakar karena faktor debu tersebut. Kenapa ini bisa terjadi?



Debu yang menempel ternyata mengandung partikel elektrik/listrik, dimana partikel tersebut bisa menyebabkan terjadinya hubungan pendek antar komponen (korslet). Hubungan pendek sepersekian detik saja bisa menyebabkan komponen yang ada didalamnya langsung terbakar. Jadi berhati-hatilah bila debu sudah kelihatan tebal, terutama di bagian yang berdekatan dengan prosesor.



Untuk tindakan pencegahan, bersihkan motherboardnya dengan kuas, atau bila ada vacuum cleaner, gunakan vacuum cleaner. Setelah terlihat bersih, rapikan juga pengkabelannya. Kabel yang semrawut menyebabkan sirkulasi udara di dalam casing tidak lancar. Karena sirlkulasi tidak lancar, komponen didalamnya akan mudah panas. Dikhawatirkan karena panas yang berlebihan, komponen akan cepat aus/rusak.
Oleh karena itu, sering tengoklah jeroan PC anda, 2 atau 3 bulan sekali, agar PC anda tetap awet. PC awet, uang pun bisa dihemat.


Read more: http://ahlitips.blogspot.com/2010/12/waspadai-debu-dalam-cpu.html#ixzz1ABJqwUbk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar